gaji karyawan cuci motor
gaji karyawan cuci motor

Ketahui Gaji Karyawan Cuci Motor agar Usaha Tidak Boncos

Posted on

Skema Gaji Karyawan Cuci Motor

Persentase Harian

Pada artikel sebelumnya mengenai cara membuka, manfaat, dan resiko usaha cuci motor, mungkin kamu bertanya berapa gaji karyawan cuci motor?

Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa salah satu resiko usaha cuci motor adalah tidak adanya pelanggan tetap pada bisnismu. Resiko tersebut membuatmu berpikir apakah bisnis cuci motormu tidak rugi jika menggaji karyawan?

Namun, kamu tidak perlu risau karena skema gaji karyawan cuci motor adalah sistem bagi hasil. Sistem bagi hasil adalah sebuah sistem dimana karyawanmu akan mendapatkan penghasilan jika melakukan pekerjaannya yaitu mencuci motor.

Cloud Hosting Indonesia

Misalkan skema yang kamu gunakan adalah 30% untuk gaji karyawan cuci motor di kiosmu. Ketika terdapat pelanggan yang membayar sebesar Rp.15.000, karyawan cuci motormu akan mendapatkan gaji sebesar Rp.4.500.

Sistem ini dianggap sebagai sebuah sistem yang adil karena tidak merugikan pihak manapun. Bayangkan ketika kamu menggunakan skema gaji karyawan cuci motor bulanan dan banyak pelanggan pada bulan itu, karyawanmu akan merasa dirugikan karena mereka bekerja lebih banyak daripada gaji yang mereka terima.

Di sisi lain ketika gaji karyawan cuci motor bulanan digunakan dan pelanggan pada bulan itu sangat sedikit, kamu akan merasakan kerugian karena kamu tetap menggaji karyawanmu walaupun mereka bekerja sedikit atau bahkan tidak bekerja.

Tips Membuat Sistem Gaji

Ketika kamu sudah mengetahui manfaat sistem gaji bagi hasil, kamu tinggal membuat sebuah SOP yang tidak merugikan karyawanmu. Misalkan ketika ada pelanggan yang datang, pelanggan tersebut melakukan pembayaran di muka sesuai jenis motornya dan mereka akan mendapatkan kartu.

Kartu tersebut nantinya akan diberikan kepada karyawan yang mencuci motor mereka. Di saat kios cuci motormu tutup di penghujung hari, kamu pun melakukan perhitungan berapa kupon yang dimiliki masing-masing karyawan di hari itu dan kamu pun memberikan gaji sesuai dengan kinerja mereka. Bagaimana, sebuah sistem yang adil bukan?

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *