contoh perencanaan usaha
contoh perencanaan usaha

Ketahui Poin dan Contoh Perencanaan Usaha Agar Bisnismu Tidak Boncos

Posted on

Persentase Harian

Adanya pandemi Covid-19 ini membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya dan beralih menjadi seorang pebisnis yang membuka usaha. Mereka berfikir dengan membuka suatu usaha, mereka akan mendapatkan penghasilan untuk menyambung hidup.

Namun, tahukah kamu bahwa bisnis memerlukan perencanaan usaha agar usaha yang kamu lakukan bisa bertumbuh? Simak poin penting dan contoh perencanaan usaha berikut ini.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Poin Penting dalam Perencanaan Usaha

1. Problem

Sebagai seorang pebisnis, target utama yang harus ditemukan adalah problem. Problem atau masalah merupakan sumber landasan berfikir pertama bagi seorang pebisnis. Karena dengan mengetahui adanya suatu problem, pengusaha hadir memberikan sebuah solusi.

Lihat saja Gojek dan Grab yang bisa menjawab problem terkait transportasi, bisnis yang dikembangkan pun bertumbuh dengan sangat pesat. Oleh karena itu, mulailah dari sebuah problem yang bisa kamu pecahkan.

2. Customer Segment

Poin kedua dalam perencanaan usaha adalah customer segment atau segmen konsumen. Setiap bisnis pasti memiliki target konsumen yang ingin didapatkan. Misalkan produk makanan bayi, perusahaan yang bergerak di bidang ini pasti mengincar target ibu-ibu yang memiliki balita.

Coba riset customer segment yang sesuai dengan problem yang hendak kamu selesaikan. Semakin sempit dan jelas customer segmentmu, semakin baik.

3. Unique Value Proposition

Poin selanjutnya adalah unique value proposition dimana setiap bisnis harus memiliki nilai tambah yang bersifat unik. Kamu mungkin sudah memahami bahwa bisnis harus memiliki nilai tambah, namun sifat unik juga harus ada dalam bisnismu.

Misalkan kamu sudah memiliki suatu bisnis yang bernilai tambah, namun tidak memiliki sifat unik sehingga para kompetitor bisa meniru produkmu tersebut. Buatlah suatu unique value yang sulit untuk ditiru sehingga bisnismu akan terus sustain.

4. Solution

Setelah memiliki unique value proposition, kamu harus mengemasnya menjadi sebuah solusi atas problem yang telah kamu pilih sebelumnya. Sebuah solusi yang bersifat unik, akan membuat calon konsumenmu tertarik dan membeli produkmu secara sukarela.

Seorang pebisnis yang handal akan menjual sebuah solusi, bukan sekedar produk. Pertemuan antara solusi yang kamu berikan dan permasalahan yang dimiliki konsumen, akan memberikanmu cuan yang berlimpah.

5. Channel

Perencaan usaha selanjutnya adalah membuat sebuah channel. Channel adalah sebuah media dimana kamu memasarkan produkmu. Channel di sini bisa berupa lapak, toko, ruko jika kamu berjualan secara offline maupun marketplace, web, landing page, maupun social media jika kamu berjualan secara online.

Buatlah channelmu semenarik mungkin karena calon konsumen tentunya akan melihat channelmu terlebih dahulu sebelum melihat solusi yang kamu berikan.

6. Key Activity/Metrics

Perencaan usaha ke-6 yang harus kamu lakukan adalah membuat key activity atau yang biasa disebut dengan customer journey. Kamu harus membuat step-step yang mungkin dilalui oleh calon konsumenmu dari sekedar menjadi audience sampai menjadi pelanggan tetap. Buatlah key activity seperti Disney land yang bisa memberikan apapun yang diinginkan oleh pengunjungnya.

7. Unfair Advantage

Poin perencanaan usaha terakhir ini hampir sama dengan nilai unik yang kamu berikan. Jika suatu produk atau solusi hanya bersifat unik, hal tersebut juga lama-kelamaan bisa ditiru oleh pesaing.

Buatlah sifat unikmu tersebut agar tidak dapat ditiru orang lain sehingga menjadi unfair advantage yang tidak dimiliki oleh bisnis lainnya.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Contoh Perencanaan Usaha

Setelah mengetahui poin-poin penting dalam membuat perencanaan usaha, simak contoh perencanaan usaha berikut ini:

PRODUK: SUPLEMEN OMEGA 3 FISHZIA

1. Problem

Suplemen omega-3 yang beredar di pasaran Indonesia didominasi oleh produk impor dan tidak dijual bebas yang mana menyulitkan masyarakat untuk mengakses suplemen omega-3.

Suplemen omega-3 yang beredar di pasaran terutama e-commerce jarang yang dijual oleh official store, kebanyakan oleh reseller sehingga berpotensi adanya suplemen omega-3 palsu di pasaran.

Suplemen omega-3 yang beredar biasanya hanya memiliki klaim untuk meningkatkan kinerja otak, padahal omega-3 memiliki banyak khasiat jika dipadukan dengan bahan lainnya.

EXISTING ALTERNATIVES

  1. Masyarakat biasanya membeli suplemen omega-3 di apotik besar atau memesan langsung dari supplier luar negeri.
  2. Masyarakat biasanya hanya mengira-ngira apakah toko yang ada di e-commerce menjual suplemen omega-3 asli atau palsu berdasarkan reviu pembeli lainnya.
  3. Masyarakat mengkonsumsi lebih dari satu suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kinerja otak, dan menjaga kesehatan jantung.

2. Customer Segment

Orang dewasa usia produktif.

Lansia (usia diatas 50 tahun).

 

EARLY ADOPTERS

Lansia yang mengalami penurunan kinerja otak dan mempunyai risiko penyakit jantung padahal masih harus aktif beraktifitas.

Orang dewasa usia produktif yang memiliki tuntutan hidup tinggi dan pola hidup yang kurang teratur karena tuntutan pekerjaan sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk pergi berbelanja dan melakukan riset mendalam terkait produk yang akan dikonsumsi.

3. Unique Value Proposition

  1. Suplemen minyak ikan omega 3 (Fishzia) mengandung dosis EPA 180mg dan DHA 120mg yang optimal dalam meningkatkan imunitas tubuh dan membantu kerja otak sekaligus meredakan depresi.
  2. Sumber minyak ikan ultra-murni dan telah dites bebas dari toksin, polutan, dan logam berat. Selain itu juga telah mengandung gel lunak vanilla dan minyak lemon alami sehingga mengurangi rasa ikan.
  3. Tidak kebanyakan suplemen lainnya, Suplemen omega-3 (Fishzia) juga terdapat ekstrak bawang putih yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (yang pertama ada di pasaran)
  4. Setiap pembelian 1 package Fishzia berhak mendapatkan video tips hidup sehat guna meningkatkan kesadaran akan pentingnta pola hidup sehat (Paket Bundling dengan akses video)

HIGH-LEVEL CONCEPT

Sayangi jantungmu dengan Suplemen Fishzia.

4. Solution

Suplemen Fishzia merupakan produk asli indonesia yang telah teruji klinis oleh BPOM dan Halal MUI dan didistribusikan secara masive di seluruh apotik di indonesia.

Suplemen Fishzia juga menjual produknya di semua e-commerce yang ada di indonesia tanpa perantara (official store) untuk menjada keaslian produk sehingga konsumen tidak perlu khawatir apakah produk yang dijual merupakan produk yang asli atau bukan.

Suplemen Fishzia tidak hanya mengandung omega-3 tetapi juga mengandung ekstrak bawang putih untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan lemak darah.

5. Channel

  1. Pemasaran melalui marketplace dan promosi melalui media sosial.
  2. Membentuk suatu komunitas di telegram atau Instagram untuk mengedukasi customer mengenai Kesehatan sekaligus media untuk promosi agar customer melakukan repeat order.

6. Key Activity/Metrics

  1. Mengunjungi marketplace atau menombol link di media sosial.
  2. Memilih produk yang diinginkan.
  3. Melakukan pembayaran.
  4. Mendapatkan akses untuk bergabung di komunitas telegram.
  5. Mendapatkan akses untuk menonton video edukasi.

7. Unfair Advantage

  1. Belum ada yang menjual produk sekaligus memberikan akses video edukasi dan komunitas menuju sehat.
  2. Produk Fishzia yang sudah terbukti aman dikonsumsi.

Sekian informasi mengenai poin dan contoh perencanaan usaha yang bisa kami berikan. Kamu bisa membaca Trilogi ebook Grow Up Your Business agar bisnismu semakin grow up.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *