Reksadana adalah

Keuntungan Menggunakan Bibit Reksadana. Cukup Daftar Langsung Cuan!

Reksadana kini menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat terjangkau. Di balik terjangkaunya investasi reksadana, terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan. Lantas, apa itu reksadana? apa saja jenis investasi reksadana? bagaimana cara mulai investasi reksadana untuk pemula? berapa nominal investasi yang harus dikeluarkan untuk pemula? Simak ulasan lengkapnya dan dapatkan bonusnya sekarang juga!

Definisi Reksadana adalah?

Reksadana adalah sebuah paket/kumpulan investasi yang akan dikelola oleh seorang professional. Profesional yang mengelola aset investasi para investor tersebut disebut dengan Manajer Investasi. Adanya Manajer Investasi yang mengelola aset yang kamu investasikan akan membuat investasimu relatif lebih aman daripada kamu berinvestasi secara mandiri, terutama jika kamu adalah seorang investor pemula.

Siapa Manajer Investasi?

Manajer Investasi atau dapat disingkat sebagai MI adalah seorang professional yang memiliki kewenangan untuk mengelola dana investasi investor dalam sebuah portofolio. Portofolio yang dikelola oleh manajer investasi tersebut adalah reksadana. Sebagai seorang professional yang mengelola dana, manajer investasi tentunya harus memiliki izin dari lembaga keuangan yaitu OJK. Adanya jaminan pengalaman dan lisensi resmi dari OJK akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi investor.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Reksadana untuk Pemula

Pada penjelasan sebelumnya, kamu telah mengetahui bahwa dana investasi yang kamu investasikan akan dikelolah oleh seorang professional yang berpengalaman dan berlisensi. Hal ini tentunya mempersingkat waktumu untuk dapat berinvestasi tanpa harus terlalu mendalami instrumen yang akan kamu beli. Kamu cukup memilih jenis reksadana apa yang sesuai dengan profil risikomu dan kamu tidak perlu khawatir karena di Bibit Reksadana sudah terdapat Robot Bibit yang akan membantumu memilih jenis reksadanamu. Namun, kamu tetap harus mempelajari instrumen investasi ketika kamu sudah ada waktu ya.

4 Jenis Reksadana

Secara umum terdapat 4 jenis reksadana yang bisa kamu pilih sesuai dengan profil risikomu.

1. Reksadana Saham

Sesuai dengan namanya, reksadana saham adalah reksadana yang mayoritas dana investasinya diinvestasikan dalam saham. Definisi saham adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemiliksan atas suatu perusahaan. Sifat reksadana saham meniru dari sifat saham yang dapat bergerak dengan volatilitas tinggi. Hal ini menyebabkan reksadana saham merupakan reksadana dengan tingkat risiko tertinggi dan cocok bagi kamu yang memiliki profil risiko agresif.

Rata-rata alokasi reksadana saham adalah 80% saham dan 20% obligasi dan deposito.

Baca juga: Dasar Investasi Saham

2. Reksadana Obligasi

Sama seperti reksadana saham yang mayoritas berisi saham, reksadana deposito adalah reksadana yang mayoritas dana investasinya diinvestasikan pada obligasi. Obligasi adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh perusahaan atau negara dan memberikan keuntungan berupa bunga. Nilai investasi reksadana obligasi cenderung stabil karena return yang diberikan sudah sesuai dengan tingkat bunga yang tercantum sehingga reksadana obligasi cocok bagi kamu yang memiliki profil risiko moderat.

Rata-rata alokasi reksadana obligasi adalah 80-90% obligasi jangka panjang dan sisanya adalah deposito.

3. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah reksadana yang mayoritas dana investasinya diinvestasikan pada surat hutang jangka pendek dan deposito. Karena mayoritas berisi instrumen investasi yang stabil, reksadana pasar uang memiliki tingkat risiko yang rendah dan sesuai untuk kamu yang memiliki profil risiko konservatif.

Alokasi reksadana pasar uang adalah 100% pada surat hutang jangka pendek dan deposito.

4. Reksadana Campuran

Jenis reksadana terakhir adalah reksadana campuran. Sesuai dengan namanya, reksadana campuran merupakan reksadana yang dana investasinya diinvestasikan ke berbagai instrumen seperti saham, obligasi, surat hutang jangka pendek, dan depostio. Komposisi masing-masing instrumen pada reksadana campuran ini sudah diatur oleh manajer investasi yang menanganinya. Reksadana campuran ini cocok untukmu yang memiliki profil risiko moderat maupun agresif.

Baca juga: Ketahui Profil Risiko Investasimu

7 Keuntungan Investasi Reksadana di Bibit

1. Dana Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

Setelah membaca artikel ini, kamu tentunya sudah mengetahui bahwa manajer investasi merupakan professional yang berpengalaman dan berlisensi. Mempercayakan dana investasimu pada manajer investasi yang kompeten, akan memberikanmu kenyamanan dalam berinvestasi.

2. Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

Sebagai lembaga yang menghimpun danan investasi, Bibit harus menaati segala peraturan OJK. Kamu tidak perlu khawatir karena Bibit telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kamu bisa cek melalui web resmi OJK.

3. Diversifikasi Aset

Diversifikasi merupakan sebuah teknik untuk menyebar investasimu ke beberapa instrumen investasi. Ketika kamu berinvestasi reksadana di Bibit, kamu sudah melakukan hal ini karena Bibit memberikan berbagai macam pilihan reksadana yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan profil risiko, return yang diberikan dan tujuan investasimu. Berikut adalah beberapa contoh return yang diberikan oleh Bibit Reksadana:

4. Pencairan Fleksibel

Salah satu fitur unggulan dari Bibit Reksadana adalah opsi pencairan yang fleksibel. Hal ini dapat memberikan kenyamanan bagimu ketika sewaktu-waktu kamu membutuhkan danamu secara mendadak.

5. Biaya Rendah dan Bebas Pajak

Kelebihan lain adalah investasi reksadana di Bibit tidak dikenakan biaya komisi beli dan jual. hal ini membuat kamu dapat berinvestasi dengan biaya rendah. Selain itu, Reksadana bukan termasuk sebagai objek pajak sehingga keuntungan yang kamu dapatkan akan full menjadi milikmu tanpa dipotong pajak.

6. Investasi Terjangkau

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal bahwa kamu bisa mulai berinvestasi dengan terjangkau. Kamu dapat mulai berinvestasi dengan modal Rp. 100.000. Suatu nominal yang sangat terjangkau bukan? Jadi tidak ada alasan bagimu untuk menunda berinvestasi.

7. Banyak Bonus

Kelebihan lain yang sangat penting bagi seorang investor pemula adalah adanya bonus berlimpah. Bibit mendukung pertumbuhan investor di Indonesia sehingga Bibit memberikan berbagai penawaran menarik berupa cashback dan bonus voucher yang bisa kamu gunakan untuk investasi reksadana.

Kabar gembira untukmu adalah kamu bisa mendapatkan bonus Rp.25.000 hanya dengan mendaftar dan menggunakan kode RDPH25. Kamu bahkan bisa mendapatkan keuntungan sebelum kamu berinvestasi. Segera daftarkan dirimu dan mulai berinvestasi di Bibit Reksadana.

Sebagai apresiasi kami, kamu bisa mendapatkan ebook gratis Cara Mudah Investasi karena kamu telah membaca artikel ini hingga selesai.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *