Macam – Macam Psikologi Pasar Saham

0
psikologi pasar saham

Persentase Harian

Macam – Macam Psikologi Pasar Saham – Psikologi pasar saham adalah sentimen yang berlaku dari pembeli dan penjual di pasar keuangan pada titik waktu tertentu. Istilah ini sering mengacu pada psikologi pasar saham. Namun, sebenarnya istilah ini bisa berlaku lebih umum. Karena referensi sering digunakan oleh media keuangan dan analis untuk menjelaskan naik turunnya pasar keuangan secara umum.

Dalam Psikologi Pasar Saham, analis menggunakan data psikologi pasar saham untuk melacak respons investor terhadap peristiwa tertentu. Misalnya, jika seorang investor tiba-tiba kehilangan kepercayaan pada kesehatan ekonomi dan memutuskan untuk berhenti membeli saham. Indeks harga pasar secara keseluruhan akan turun.

Psikologi Pasar Saham di Indonesia

Harga saham individu juga akan turun seiring dengan itu, terlepas dari kinerja keuangan perusahaan di balik saham tersebut. Psikologi pasar menunjukkan suasana hati pelaku pasar pada titik waktu tertentu dalam menanggapi peristiwa terkini. Psikologi pasar adalah sentimen pembeli dan penjual yang berlaku di pasar keuangan pada titik waktu tertentu. Istilah ini sering mengacu pada psikologi pasar saham.

Namun, sebenarnya istilah ini bisa berlaku lebih umum. Karena referensi sering digunakan oleh media keuangan dan analis untuk menjelaskan naik turunnya pasar keuangan secara umum. Dalam psikologi pasar saham, analis menggunakan data tentang psikologi pasar untuk melacak respons investor terhadap peristiwa tertentu.

Lihat Bagaimana Psikologi Pasar Saham Bekerja

Teori keuangan konvensional berasumsi bahwa harga selalu didasarkan pada pertimbangan rasional dan gagal memperhitungkan dampak psikologis. Keserakahan, ketakutan, dan kegembiraan, semua emosi investor ini dapat berkontribusi pada analisis psikologi pasar. Keadaan dan pikiran emosional ini menjadi faktor yang berkontribusi untuk memicu “risk-on” atau “risk-off” dalam pergerakan pasar, terutama ketika pergerakan menjadi sangat fluktuatif.

Memprediksi Emosi dan Perilaku Pasar Saham

Secara umum, ada dua cara pemilihan saham yang biasa digunakan oleh para profesional. Hanya satu dari mereka yang menaruh banyak perhatian pada psikologi pasar saham. Analisis fundamental berupaya menyeleksi saham-saham unggulan dengan menganalisis keuangan perusahaan dalam konteks industrinya. Sedangkan dari segi psikologis, tidak banyak ruang untuk menghitung angka tersebut.

Melakukan Studi Psikologi Pasar Saham

Ada studi tentang dampak psikologis pasar saham terhadap kinerja dan pengembalian investasi. Ekonom Amos Tversky dan psikolog pemenang Hadiah Nobel Daniel Kahneman adalah orang pertama yang menantang teori pasar konvensional tentang pasar efisien. Ini berarti mereka tidak menerima gagasan bahwa manusia di pasar keuangan akan selalu membuat keputusan rasional berdasarkan informasi harga yang tersedia untuk umum dan relevan.

Demikian ulasan tentang Macam – macam Psikologi pasar saham semoga bermanfaat.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

error: Content is protected !!
Kami Terlindungi
EZ Financial Planning