Mengenal Definisi dan 3 Daftar Stablecoin Terbaik

daftar stablecoin terbaik

Mengenal Definisi dan Daftar Stablecoin Terbaik – Cryptocurrency saat ini sedang mengalami masa pertumbuhan yang sangat pesat. Penelitian dari Cambridge Center for Alternative Finance menunjukkan bahwa jumlah pengguna crypto global telah meningkat.

Stablecoin hanya merupakan satu bagian dari ekosistem yang berkembang ini, tetapi pengaruh dan penggunaannya berkembang pesat. Mereka sekarang didukung oleh lebih banyak penyedia layanan cryptocurrency, dengan kapitalisasi pasar di bawah 25 miliar dolar AS. Oleh karena itu, akan dijelaskan definisi dan daftar stablecoin terbaik dari cryptocurrency.

Definisi Stablecoin

Stablecoin merupakan kelas baru cryptocurrency yang dimana mencoba menawarkan sebuah stabilitas harga sekaligus didukung oleh berbagai aset cadangan. Stablecoin telah mendapatkan daya tarik karena mereka mencoba menawarkan yang terbaik dari kedua dunia, yaitu dengan privasi pembayaran cryptocurrency, serta penilaian stabil bebas volatilitas dari mata uang fiat.

Secara harfiah, stablecoin juga diartikan sebagai ‘koin stabil’. Pemahaman ini tidak sepenuhnya salah, secara detail stablecoin merupakan aset digital dengan harga yang stabil. Koin digital ini dipatok ke instrumen investasi konvensional seperti USD, emas, atau komoditas aset digital lainnya yang diperdagangkan.

Tidak seperti Bitcoin dan Ethereum yang nilainya fluktuatif, jenis koin ini cenderung stabil nilainya. Oleh karena itu, banyak bisnis dan perusahaan memilih untuk menggunakan aset digital ini karena volatilitas harganya dijamin tidak akan sebesar aset kripto lainnya.

Daftar Stablecoin Terbaik dari Cryptocurrency

1. USD Coin

USD Coin dikeluarkan tahun 2018, USD Coin merupakan stablecoin dan dikelola bersama oleh perusahaan cryptocurrency Circle dan Coinbase melalui konsorsium Center. Sama seperti Tether, Koin USD dipatok ke dolar AS.

2. Dai Coin

Dibuat pada tahun 2015, Dai (+0,09%) dipatok ke dolar AS dan didukung oleh Ether (ETH, +8.48%), token yang dibuat oleh perusahaan Ethereum. Tidak seperti stablecoin lainnya, MakerDAO bermaksud agar Dai terdesentralisasi, artinya tidak ada otoritas pusat tepercaya untuk mengendalikan sistem moneter ini.

Sebaliknya, kontrak pintar Ethereum  yang mengkodekan aturan yang tidak dapat diubah memiliki pekerjaan ini sebagai gantinya. Namun, masih ada masalah dengan model inovatif ini; misalnya, jika kontrak cerdas berkemampuan MakerDAO tidak bekerja persis seperti yang diharapkan.

3. Tether Coin

Tether, atau USDT (+0,03%), adalah salah satu stablecoin tertua dan terbaik, diluncurkan pada tahun 2014, dan menjadi yang paling populer hingga hari ini. Saat ini, Tether adalah salah satu cryptocurrency paling berharga secara keseluruhan berdasarkan kapitalisasi pasar.

Demikian ulasan tentang mengenal definisi dan daftar stablecoin terbaik, semoga bermanfaat.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

error: Content is protected !!