Modal 500 Ribu Bisa Buat Usaha Apa
Modal 500 Ribu Bisa Buat Usaha Apa

Modal 500 Ribu Bisa Buat Usaha Apa?

Posted on

Persentase Harian

Modal 500 ribu bisa buat usaha apa? sebuah pertanyaan yang terlontar oleh seseorang yang ingin membuka suatu bisnis namun terbentur biaya. Apakah kamu juga salah satu yang bertanya demikian?

Pertanyaan tersebut terlontar karena banyaknya pilihan bisnis yang ada saat ini namun kebanyakan harus memiliki modal besar untuk membukanya. Contohnya adalah bisnis restoran/rumah makan. Hampir sulit kamu bisa membuka usaha rumah makan dengan bermodalkan 500 ribu.

Namun, pasti akan selalu ada jalan untuk seseorang yang memiliki jiwa positif. Ia akan bisa menemukan peluang dibalik hambatan yang dimilikinya. Simak 5 ide bisnis dengan modal 500 ribu berikut ini.

Cloud Hosting Indonesia

5 Ide Bisnis Modal 500 Ribu

1. Membuka Usaha Minuman Kekinian

Ide bisnis pertama yang bisa kamu lakukan dengan modal 500 ribu adalah membuka usaha minuman kekinian. Kamu mungkin heran dan ragu namun hal ini bisa dilakukan.

Kamu bisa menggunakan modal 500 ribu untuk membeli bahan baku seperti kopi dan topping lainnya jika kamu ingin usaha kopi. Selain kopi, kamu juga bisa membuka menu mojito.

Bahan baku pembuatan mojito pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membeli sirup, air soda, biji selasih, dan topping seperti nata de coco.

Selain bahan baku, kamu juga harus membeli botol plastik atau pouch minuman. Jangan lupa untuk menambahkan logo stickermu yang disertai nomor telfon agar para pembeli mulai mengenal brandmu.

Tips Usaha Minuman Kekinian

  1. Hindari minuman yang mudah basi seperti minuman yang berbahan dasar santan.
  2. Jika kamu memiliki beberapa menu, usahakan terdapat 1 bahan yang bisa digunakan untuk semua menu. Hal ini menghindari banyaknya modal yang harus kamu keluarkan.
  3. Gunakan sistem konsinyasi dengan cara menitipkan barang daganganmu ke beberapa toko. Kamu bisa menitipkannya di kantin sekolah, kantor, maupun apartemen.
  4. Jangan lupa untuk membuat bisnismu agar bisa dijangkau secara online.

2. Membuat Kerajinan atau Souvenir

Bagi kamu yang berjiwa seni dan memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan atau souvenir kamu bisa mulai untuk meraup keuntungan di bidang ini. Kerajinan atau souvenir memiliki kelebihan yaitu memiliki daya tahan yang lama. Sehingga kamu tidak perlu takut untuk basi atau busuk seperti usaha makanan.

Selain daya tahan, kamu juga bisa berbisnis sekaligus melakukan hobi yang kamu sukai. Hal yang perlu kamu pahami ketika membuat suatu kerajinan atau souvenir adalah hukum supply dan demand.

Percuma kamu membuat banyak kerajinan jika tidak ada yang ingin membelinya. Karena tujuan utamamu adalah mendapatkan uang dari hasil kerajinanmu. Oleh karena itu kamu harus melakukan riset sederhana untuk menentukan kerajinan atau souvenir apa yang ingin kamu buat.

Cara sederhananya adalah kamu mengikuti komunitas-komunitas yang ada di Facebook. Paham apa yang mereka inginkan dan buat barang sesuai demand tersebut. Modal 500 ribu pun bisa kamu gunakan sebagai modal beli bahan dasar.

Tips Usaha Kerajinan atau Souvenir

  1. Riset supply dan demand sebelum membuat suatu karya.
  2. Temukan pasar untuk menjual kerajinan atau souvenirmu. Baik di Facebook atau Instagram.
  3. Kamu bisa menghindari untuk memasarkan di marketplace karena di marketplace sering terjadi perang harga.
  4. Buat kerajinan dan souvenirmu unik.
  5. Buat brandmu sendiri karena suatu brand bisa meningkatkan harga jual karyamu.

3. Menjadi Freelance Penulis

Pertanyaan modal 500 ribu bisa buat usaha apa juga akan terjawab oleh freelance penulis. Kamu bahkan tidak perlu 500 ribu sebagai modalnya karena harga paket internet maupun wifi yang layak adalah 300 ribu.

Usaha ini merupakan pilihan yang tepat bagi kamu jika kamu memiliki keahlian dan kecintaan dengan tulisan. Selain mengasah kemampuan menulismu, kamu juga bisa mendapatkan uang dari sini. Menarik bukan? Kamu bisa mempelajari skill menulis dengan membaca ebook ini.

Tips Usaha Freelance Penulis

  1. Buat portofolio sebanyak-banyaknya.
  2. Daftar ke marketplace freelance jika kamu tidak ingin repot mencari klien.
  3. Buat web, Instagram, atau Facebook yang merepresentasikan usahamu.
  4. Buat tulisanmu unik dan selalu memberikan nilai tambah bagi klien.

4. Menjadi Blogger

Ide bisnis selanjutnya dengan modal 500 ribu adalah menjadi blogger. Blogger adalah seseorang yang memuat tulisan berupa artikel di suatu blog.

Ketika kamu mengembangkan blogmu sendiri, kamu juga membangun aset pribadimu. Aset pribadi ini akan memberikanmu passive income selama blog tersebut masih aktif.

Banyak jalan untuk menghasilkan keuntungan dari blog seperti dari iklan AdSense dan MGID, affiliasi, bahkan ternak blog. Keuntungan lain adalah kamu tidak harus memilih 1 jalan untuk mendapatkan uang sebagai blogger. Kamu bisa melakukan banyak hal sekaligus untuk bisa menghasilkan uang sebagai blogger.

Tips Usaha Blogger

  1. Mulai dengan blog gratis seperti blogspot.com
  2. Buat blog sesuai keahlianmu (misalkan keuangan, tutorial masak, tutorial berkebun, dll)
  3. Pelajari skill-skill yang mendukungmu untuk melatihmu menulis seperti copywriting dan hypnowriting.
  4. Setelah kamu mulai ahli, gunakan hosting terbaik di Indonesia untuk membuat pertumbuhan blogmu maksimal. Jangan lupa gunakan kode persentase5 untuk mendapatkan tambahan diskon 5% setelah potongan 75%.
Cloud Hosting Indonesia

5. Menjadi Dropshipper

Salah satu profesi maupun bisnis yang sedang booming akhir-akhir ini adalah dropshipper. Hal ini dikarenakan kamu bisa berjualan tanpa perlu stok barang.

Kamu hanya perlu membuat toko onlinemu sendiri dan memasarkan produk orang lain. Modal 500 ribu bisa kamu gunakan untuk mendaftar membership dropship dan membeli paket kuota.

Tips Usaha Dropshipper

  1. Riset produk yang sedang ramai di pasaran. Kamu bisa menggunakan Google Trend atau sekedar bergabung di komunitas-komunitas Facebook.
  2. Pilih penyedia dropship yang terpercaya dan terbaik di bidangnya.
  3. Pasarkan barang dropship tersebut secara massive di media sosial.

Sekian artikel yang bisa kami berikan untuk menjawab pertanyaan modal 500 ribu bisa buat usaha apa. Sebagai hadiah dari kami, kamu bisa membaca ebook tentang bisnis ini secara gratis. Dapatkan juga berbagai ebook gratis lainnya di artikel-artikel kami.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *