Model Kandang Kambing Modern Tanpa Bau

Model Kandang Kambing Modern Tanpa Bau

Persentase Harian

Kandang Kambing Modern – Bagi kamu seseorang yang ingin mulai berternak kambing atau kamu yang sudah memiliki peternakan kambing, kamu tentunya memahami bahwa kandang kambing merupakan faktor penting dalam sebuah peternakan kambing atau domba.

Kebanyakan peternak kambing jaman dulu, menganggap bahwa kandang kambing hanyalah sebuah tempat untuk tinggal kambing. Tanpa memikirkan bahwa model kandang kambing dapat mempengaruhi hasil panennya sehingga menurunkan omzet bisnis.

Model kandang kambing modern yang tepat, akan membuat hasil panen kambing meningkat sehingga dapat memberikan keuntungan berlimpah bagi para peternak. Yuk simak bagaimana cara membuat model kandang kambing modern yang tepat berikut ini:

Apa Model Kandang yang Cocok untuk Kambing?

Model kandang yang cocok untuk kambing adalah kandang kambing model panggung. Kandang kambing model panggung akan membuat kotoran kambing dapat turun ke sela-sela lantai sehingga tidak akan kambing tidak akan menginjak kotorannya sendiri.

Model kandang kambing panggung akan menjaga kebersihan kandang sehingga kandang kambing akan tanpa bau dan kambing pun dapat tumbuh kembang dengan maksimal. Itulah kenapa kandang kambing harus model panggung.

Berapa Ukuran Kandang Kambing?

Ukuran kandang kambing tentunya sangat bervariasi. Tergantung berapa modal yang kamu miliki serta estimasi kapasitas kambing yang akan kamu ternakkan.

Misalkan saja kamu menggunakan kandang kambing model modern dengan ukuran 5 x 15 meter. Kandang kambing tersebut dapat menampung 80 hingga 100 ekor.

Ukuran kandang kambing yang benar adalah kandang kambing yang mampu menampung jumlah kambing yang kamu inginkan dan masih tetap memiliki space agar kambing dapat bergerak dengan bebas. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan kambing.

Kenapa Harus Kandang Kambing Baja Ringan?

Manfaat memiliki kandang kambing modern dari baja ringan adalah kamu bisa memiliki kandang kambing yang tahan lama sehingga biaya reparasi dan maintenance akan semakin ringan.

Berbeda dengan model kandang kambing dari bambu yang bisa menyebabkan kandang menjadi lembab jika kadar air atau kotoran kambing menumpuk.

Kandang kambing dari bambu memang relatif lebih murah untuk pembuatannya namun memiliki biaya reparasi dan maintenance yang cenderung lebih mahal.

Manfaat Kandang Kambing Modern

Manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu membuat model kandang kambing modern adalah:

  • Kebersihan kandang akan terjaga karena kotoran terpisah dari tempat kambing sehingga kambing akan lebih sehat.
  • Ruang gerak kambing akan lebih luas sehingga perkembangan kambing akan lebih maksimal.
  • Sirkulasi udara yang baik akan membuat kandang kambing menjadi tanpa bau.
  • Urin kambing bisa dibuat untuk pupuk organik cair sedangkan kotorannya bisa digunakan untuk pupuk kompos.

Sekian artikel mengenai kandang kambing modern. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di Persentase Harian.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!