Pencegahan Diabetes Melitus Menurut WHO: Mengenal Risiko dan Cara Mencegah

0
Pencegahan Diabetes Melitus Menurut WHO

Persentase Harian

Pencegahan Diabetes Melitus Menurut WHO – Diabetes Melitus atau yang sering disebut diabetes adalah salah satu penyakit yang semakin banyak diderita oleh masyarakat di seluruh dunia. Menurut data WHO (World Health Organization), pada tahun 2021, terdapat sekitar 422 juta orang yang menderita diabetes di seluruh dunia. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat di masa yang akan datang. Namun, sebenarnya diabetes dapat dicegah dengan cara yang sederhana.

Apa Itu Diabetes Melitus?

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) dalam darah yang tinggi. Pada umumnya, glukosa diambil dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan diubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh sel-sel dalam tubuh. Namun, pada orang yang menderita diabetes, tubuh tidak dapat memproses glukosa dengan baik sehingga kadar gula dalam darah meningkat.

Tipe-tipe Diabetes Melitus

Ada tiga tipe diabetes melitus yang umum terjadi, yaitu:

1. Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kerusakan sel beta di pankreas yang menyebabkan tubuh tidak dapat menghasilkan insulin, hormon yang diperlukan untuk memproses glukosa dalam darah menjadi energi.

2. Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan cukup atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Faktor risiko untuk diabetes tipe 2 adalah obesitas, kurang beraktivitas, dan pola makan yang tidak sehat.

3. Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional terjadi pada wanita hamil yang sebelumnya tidak memiliki diabetes. Kondisi ini biasanya membaik setelah melahirkan, namun dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 di masa depan.

Faktor Risiko Diabetes Melitus

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk menderita diabetes melitus, antara lain:

1. Usia

Risiko diabetes melitus meningkat seiring bertambahnya usia.

2. Obesitas

Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes melitus.

3. Riwayat Keluarga

Jika ada anggota keluarga yang menderita diabetes melitus, maka risiko Anda untuk mengalami kondisi yang sama juga meningkat.

4. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Konsumsi makanan yang tidak sehat, merokok, serta kurang berolahraga adalah beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan diabetes melitus.

Pencegahan Diabetes Melitus Menurut WHO

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat membantu Anda mencegah diabetes melitus:

1. Menjaga Berat Badan

Pencegahan diabetes melitus menurut WHO yang pertama adalah menjaga berat badan. Dengan menjaga berat badan ideal, Anda dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

2. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin dapat memberikan insulin dengan lebih efektif sehingga membantu mengontrol kadar gula darah.

3. Menerapkan Pola Makan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi risiko diabetes melitus. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gula atau karbohidrat tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

4. Menghindari Kebiasaan Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko diabetes melitus serta berbagai penyakit lainnya, seperti penyakit jantung dan kanker.

5. Memeriksakan Kesehatan Secara Berkala

Pencegahan diabetes melitus menurut WHO yang terakhir adalah memeriksakan kesehatan secara berkala, terutama jika Anda memiliki faktor risiko untuk diabetes, dapat membantu mendeteksi dan mencegah perkembangan diabetes melitus.

Pentingnya Pencegahan Diabetes Melitus

Pencegahan diabetes melitus sangat penting dilakukan karena komplikasi dari diabetes melitus dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kerusakan pada mata, ginjal, saraf, dan kaki. Selain itu, diabetes melitus juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Mengintegrasikan Pencegahan Diabetes Melitus Dalam Gaya Hidup Sehat

Pencegahan diabetes melitus harus diintegrasikan dalam gaya hidup sehat sehari-hari. Dalam melakukan pencegahan diabetes, tidak hanya faktor risiko yang harus dihilangkan, tetapi juga memperhatikan makanan, olahraga, dan kesehatan secara menyeluruh. Kita dapat mengonsumsi makanan yang sehat dan teratur, olahraga secara teratur, serta memeriksakan kesehatan secara rutin untuk memastikan tubuh sehat.

Kesimpulan

Diabetes melitus adalah penyakit yang dapat dicegah dengan cara yang sederhana, seperti menjaga berat badan ideal, berolahraga secara rutin, menerapkan pola makan sehat, menghindari kebiasaan merokok, dan memeriksakan kesehatan secara berkala. Dengan mencegah diabetes melitus, kita dapat menurunkan risiko terkena komplikasi yang dapat membahayakan kesehatan. Penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan secara menyeluruh dan mempraktikkan pencegahan diabetes melitus dalam kehidupan sehari-hari.

Sekian informasi singkat mengenai pencegahan diabetes melitus menurut WHO. Nantikan artikel kesehatan lainnya hanya di Persentase Harian.

Leave a Reply

error: Content is protected !!