Pengertian Asuransi Kerugian dan Asuransi Konvensional Adalah

0
Pengertian Asuransi Kerugian dan Asuransi Konvensional Adalah

Persentase Harian

Pengertian Asuransi Kerugian dan Asuransi Konvensional Adalah – Meningkatnya literasi keuangan membuat kita semakin sadar betapa pentingnya memiliki proteksi keuangan. Proteksi keuangan bisa didapatkan ketika kita memiliki produk asuransi.

Jenis asuransi pun beragam, mulai dari asuransi kerugian, asuransi konvensional, hingga asuransi syariah. Selain jenis, nominal polis asuransi pun beragam. Tergantung dari jenis obyek yang diasuransikan serta umur atau risiko yang mungkin terjadi.

Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai pengertian asuransi kerugian serta asuransi konvensional adalah sebagai berikut:

Pengertian Asuransi Kerugian

Pengertian asuransi kerugian adalah sebuah perjanjian terkait penggantian kerugian untuk tertanggung atas barang atau obyek pertanggungan (asuransi) ketika risiko terjadi (kerusakan).

Sekilas, asuransi kerugian hampir sama dengan asuransi jiwa namun obyeknya yang berbeda.

Jenis Asuransi Kerugian

Berikut adalah jenis asuransi kerugian yang biasa ditemui:

1.   Asuransi Kebakaran

Asuransi kerugian pertama dalah asuransi kebakaran. Sesuai namanya, asuransi kebakaran merupakan asuransi yang menjamin obyek (properti) dari risiko kebakaran.

Berikut contoh properti yang dapat diasuransikan kebakaran:

  • Kapal
  • Rumah
  • Ruko
  • Gedung

2.   Asuransi Kendaraan Bermotor

Sesuai namanya, asuransi kerugian kedua dengan jenis kendaraan bermotor merupakan asuransi yang melindungi aset kendaraan bermotor.

3.   Asuransi Property

Asuransi kerugian untuk properti melindungi pemilik properti dari kerugian ketika risiko terjadi pada properti yang dimiliki. Misalkan properti tersebut masih memiliki hutang cicilan dan risiko terjadi maka tertanggung tidak akan membayar cicilan lagi karena sudah dicover perusahaan asuransi.

Pengertian Asuransi Konvensional Adalah

Pengertian asuransi konvensional adalah sebuah produk asuransi yang menganut transfer risiko. Yaitu prinsip yang memindahkan risiko dari tertanggung ke penanggung (perusahaan asuransi).

Pengertian Asuransi Syariah Adalah

Pengertian asuransi syariah adalah kegiatan saling melindungi dan menolong di antara pemegang polis. Pengumpulan dan pengelolaan uang dari polis dikelola dengan akad sesuai syariah (sharing of risk).

Demikian artikel singkat mengenai pengertian asuransi kerugian, konvensional, dan syariah. Nantikan informasi menarik lainnya seputar perencanaan keuangan hanya di Persentase Harian.

 

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Reply

error: Content is protected !!