minting nft

Pengertian dan 8 Cara Minting NFT

Posted on

Persentase Harian

Kemarin, kita sempat membahas tentang dua dompet crypto currency Trust Wallet dan juga Metamask  dan untuk melengkapi itu, kita juga akan membahas tentang Minting NFT : Pengertian dan Caranya dalam artikel yang sederhana ini!

Pengertian Minting

Pengertian minting adalah proses pengubahan file digital menjadi barang koleksi kripto. Atau proses penyimpanan aset digital di blockchain.  Dimana nantinya, file tersebut akan disimpan dalam database dan tidak akan dapat diedit, dimodifikasi ataupun dihapus.

Bahasa sederhananya, Minting adalah proses peyimpanan file di blockchain. Dan bagiamana caranya? Langsung saja kita bahas dibawah ini!

Cara Minting NFT

Kamu punya bakat membuat design? Atau seorang yang memiliki bakat khusus? Kamu bisa menjual hasil karya dengan membuatnya dan menjadikanya NFT. Bagaimana caranya? Berikut dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk Minting NFT.

Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan markeplace yang mempunyai reputasi paling bagus. Dan rekomendasi dari saya adalah Rarible. Karena disini kamu akan mendapatkan fitur yang jarang sekali ada di marketplace lainnya, yaitu “Lazy Minting”.

Langkah Kedua

Setelah memutuskan untuk menjadikan Rarible sebagai Marketplace, kamu bisa langsung membuka situs resminya di Rarible.com dan buat akun disana.

Langkah Ketiga

Pada proses pendaftaran pertama kali, kamu akan diminta untuk mengkoneksikan dompet crypto yang kamu miliki. Setidaknya ada 3 pilihan dompet yang disediakan oleh Rarible.com yaitu : Ethereum, Flow dan Tezos.

Langkah Keempat

Selanjutnya, kamu bisa langsung Sign in ke dompet cyrpto yang kamu miliki untuk melanjutkan pendaftaran di Rarible dengan menggunakan dompet crypto yang kamu miliki, pada contoh ini saya akan menggunakan Meta mask.

Langkah Kelima

Setelah berhasil mengkoneksikan Meta Mask atau dompet crypto yang kamu miliki, kamu bisa melanjtukan prosesnya dengan  langsung membuat NFT pertama kamu, dengan memilih “Create” setelah kamu pilih Create, kamu akan diberikan dua pilihan yaitu “Single” atau “Multiple” sebagai contoh, kamu bisa langsung pilih “Single” dan tunggu beberapa saat.

Langkah Keenam

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukan file yang ingin kamu jadikan NFT dan dipasarkan.  Untuk melanjutkanya, kamu bisa langsung upload filenya. Dan kemudian mengisi informasi terkati NFT yang ingin kamu jual, meliput Harga, nama dan Deskripsi. Setelah semuanya lengkap kamu bisa langsung melanjutkan dengan memilih “Create Item” dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Langkah Ketujuh

Pada proses minting, kamu akan dimintai tanda tangan oleh dompet crypto yang kamu gunakan. Untuk melanjtukan, kamu bisa langsung pilih “Tanda Tangan” dan setelah itu kamu akan dimintai tanda tangan lagi pada proses terakhir yaitu “Put On Sale” segera pilih “Tanda tangan” untuk melanjutkan.

Langkah Kedelapan

Pada tahapan ini, kamu sudah berhasil minting NFT dan ada pemberitahuan bahwa NFT kamu berhasil dibuat, kamu bisa melihat hasilnya dengan memilih “View NFT”

Dan selesai, kamu sudah berhasil membuat NFT dan juga siap untuk menjualnya!

Oke, sekian artikel dari saya tentang Minting NFT : Pengertian dan Caranya semoga bisa membantu kamu yah! Jangan lupa juga untuk terus mengunjungi Persentase Harian untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply