Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

Posted on

Persentase Harian

Pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli – psikologi pendidikan adalah salah satu cabang psikologi yang ada di dunia pengetahuan. Pada dasarnya psikologi pendidikan berperan khusus pada pendidikan.

Hal ini sudah sangat jelas dari namanya. Secara garis besar, pengertian psikologi pendidikan adalah salah satu ilmu yang fokus mempelajari tentang cara memberikan pengajaran, efektivitas intervensi pendidikan, hingga pengaturan pendidikan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

1. Menurut Sumadi Surya

Menurut Sumadi Suryabrata  (1984), psikologi pendidikan adalah suatu pengetahuan psikologi tentang anak didik dalam situasi pendidikan.

2. Menurut Eliot

Menurut Eliot (1999), psikologi pendidikan adalah penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan.

3. Menurut Barlow

Menurut Barlow (1985), psikologi pendidikan adalah suatu pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu seorang guru dalam proses belajar-mengajar secara lebih efektif.

4. Menurut Tardif

Istilah psikologi pendidikan menurut para ahli selanjutnya ialah Tardif, adalah suatu bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan mengenai perilaku manusia dalam berbagai usaha kependidikan.

5. Menurut Arthur

Definisi menurut Arthur, yaitu sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah dalam dunia pendidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut:

  • Penerapan prinsip belajar di dalam kelas
  • Pengembangan dan pembaruan kurikulum sekolah
  • Ujian serta evaluasi bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik
  • Penyelenggaraan pendidikan terhadap guru

Manfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan

Intinya tujuan sederhana psikologi adalah membuat pengajar baik guru maupun dosen mampu memberikan suasana belajar yang nyaman dan disukai oleh semua anak didiknya. Para pendidik yang memiliki pemahaman ilmu tersebut harus menciptakan iklim sosio emosional yang kondusif dalam kelas.

Hingga anak didik akan fokus belajar tanpa ada keributan, namun sebisa mungkin tidak berada dalam suasana yang tegang. Itulah manfaat seorang pendidik mempelajari psikologi pendidikan.

Demikianlah pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli beserta manfaat mempelajarinya. Semoga bermanfaat!

Cloud Hosting Indonesia

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *