Perbedaan Exchange dan Wallet Cryptocurrency
Perbedaan Exchange dan Wallet Cryptocurrency

Perbedaan Exchange dan Wallet Cryptocurrency

Posted on

Persentase Harian

Ketika kamu berbicara mengenai perbedaan exchange dan wallet cryptocurrency, keduanya sudah jelas berbeda. Namun tidak sedikit para pemain cryptocurrency yang masih menganggap kedua hal tersebut adalah sama.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Definisi Cryptocurrency Exchange

Cryptocurrency Exchange adalah sebutan untuk perusahaan yang sebagai penyedia platform khusus yang bisa diakses oleh orang-orang di berbagai belahan dunia untuk menukarkan mata uang virtual dengan mata uang nyata (seperti Dolar, Euro, Rupiah, dll) atau dengan mata uang cryptocurrency yang lain.

Sebagai contoh, Bitcoin bisa dijadikan sebagai Cryptocurrency Exchange yang bisa diperdagangkan dengan Rupiah atau menukarkan dengan mata uang cryptocurrency lainnya yang tersedia di dalam market. Seperti menukarkan dengan Ethereum, Dogecoin, Litecoin, DASH, Ripple, dan masih banyak lagi.

Cryptocurrency Exchange biasanya ada fitur dompet sementara atau temporary wallet untuk menampung saldo mata uang nyata atau mata uang cryptocurrency milik penggunanya.

Cryptocurrency Exchange di Indonesia sendiri terdapat beberapa yang sudah menjadi favorit pemain cryptocurrency, yakni ada indodax, tokocrypto, binance, dan hotbit.

Definisi Cryptocurrency Wallet

Lalu ada Cryptocurrency Wallet yang diciptakan murni sebagai tempat menyimpan dan mengirimkan cryptocurrency saja. Cryptocurrency Wallet juga hadir dengan interface yang beragam.

Untuk memudahkan transaksi dari berbagai perangkat, kini sudah banyak perusahaan besar yang meremajakan sistem dengan menggunakan wallet provider. Seperti Blockchain.info, Copay, dan Airbitz.

Sampai disini Cryptocurrency Wallet jelas memiliki fungsi berbeda dengan Cryptocurrency Exchange. Perusahaan yang bergerak di bidang penyedia wallet tidak memiliki layanan platform perdagangan cryptocurrency. Kecuali perusahaan tersebut juga dibarengi dengan operasi di sebuah exchange, seperti Coinbase.

Ketika kamu sudah bisa membuat sebuah wallet, maka kamu bisa mendapat akses ke dompet Cryptocurrency yang berfungsi untuk mengirim dan menyimpan dana Cryptocurrency pribadi. Wallet ini bisa dianggap sebagai dompet di dunia nyata, dimana uang didalamnya bisa diambil dan dipindahkan ke tempat lain kapan saja.

Namun dompet Cryptocurrency ini sedikit berbeda dengan dompet sungguhan. Untuk dompet Cryptocurrency ini juga seperti buku rekening yang mencatat setiap transaksi yang terjadi sejak awal wallet dibuat. Cryptocurrency Wallet yang sudah umum dipakai para pemain seperti metamask dan trustwallet.

Perbedaan Exchange dan Wallet Cryptocurrency

Lantas apa perbedaan exchange dan wallet cryptocurrency? dari penjelasan diatas ada satu poin utama yang bisa kamu jadikan acuan perbedaan keduanya, yakni bentuk layanan yang disediakan.

Sebanyak apapun jumlah kekayaan kamu di Cryptocurrency Wallet, maka kamu tidak bisa memperdagangkan aset kamu didalam dompet digital tersebut. Sementara untuk sistem perdagangan terciptalah Cryptocurrency Exchange.

Sekali lagi keduanya berbeda soal bentuk layanan, jika Wallet untuk menyimpan maka Exchange untuk memperdagangkan apa yang telah kamu simpan.

Jika kamu ibaratkan cryptocurrency adalah emas, maka Exchange adalah tempat perdagangan emas yang bisa dibayarkan dengan Rupiah. Sedangkan Wallet anggaplah brankas pribadi sebagai tempat menyimpan emas.

Tingkat keamanan brankas tersebut bisa kamu atur sesuka hati. Namun tetap kamu sebagai pemegang kunci dengan tanpa harus bergantung pada siapapun.

Antara Exchange dan Wallet dengan segala fitur canggih yang ditawarkan, bukan berarti tidak memiliki nilai minus.

Cloud Hosting Indonesia

Kekurangan Cryptocurrency Exchange

Exchange memiliki kekurangan dimana respon dari server yang kadang terkendala. Sementara respon dari server yang cepat tanggap adalah hal penting. Karena pengelola harus memastikan setiap persoalan yang dimiliki investor selesai dengan cepat dan tepat.

Kekurangan Cryptocurrency Wallet

Sementara untuk Wallet punya kekurangan soal biaya yang dipatok cukup mahal, serta beberapa ada yang berisiko soal keamanan.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *