Persentase Uang yang Harus Diinvestasikan Fresh Graduate
Persentase Uang yang Harus Diinvestasikan Fresh Graduate

Persentase Uang yang Harus Diinvestasikan Fresh Graduate

Posted on

Persentase Harian

Banyak pertanyaan yang beredar di internet mengenai berapa persentase uang yang harus diinvestasikan fresh graduate. Pertanyaan tersebut sering bermunculan akhir-akhir ini karena masyarakat mulai melek finansial.

Masyarakat kini sudah mengerti betapa pentingnya investasi sejak dini untuk bisa memberikan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Tentunya kamu tidak ingin bukan, hidup mewah hari ini namun merana di masa tua?

Investasi bisa diibaratkan seperti pohon. Kamu harus menyiraminya pada waktu tertentu. Kamu mungkin mengharapkan pertumbuhan yang signifikan di tahun pertamanya. Namun hal ini akan mustahil.

Di tahun pertamanya, pohon akan berfokus pada pertumbuhan akar sehingga pertumbuhan batang akan terhambat sementara. Di tahun-tahun berikutnya, pohon yang kamu rawat akan mulai fokus pada pertumbuhan batang dan cabang.

Pohon yang dulunya kecil, akan tumbuh secara cepat hingga menjulang tinggi dan besar. Hingga tibalah di saat yang dinantikan yaitu tumbuhnya buah. Pohon yang dulu kamu rawat, sekarang sudah mulai berbuah. Dan buah itu adalah buah yang kamu sukai, misalkan mangga.

Begitu pula dengan keuanganmu. Di tahun pertamamu, usahakan menumbuhkan akar atau fondasi/proteksi bagi keuanganmu. Bangun dana cadangan dan beli produk asuransi sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah kedua fondasi tersebut kamu miliki, kamu kini bisa mulai bertanya berapa persentase uang yang harus diivestasikan fresh graduate.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Gunakan Skema 50:30:20

Sebagai seorang fresh graduate, tentunya kamu menginginkan kehidupan yang menyenangkan kini dan nanti. Terdapat suatu skema di mana gajimu bisa kamu bagi menjadi 3 bagian yaitu dengan skema 50:30:20.

Skema 50:30:20 membagi penghasilan 50% untuk kebutuhan hidup primer (sandang, pangan, papan), 30% untuk keinginan atau biasa dikenal sebagai self reward oleh kaum milenial, dan 20% untuk uang yang harus diinvestasikan demi masa depan.

Misalkan gajimu per bulan sebagai fresh graduate adalah Rp.5.000.000. Maka kamu bisa membaginya menjadi Rp.2.500.000 untuk kebutuhan seperti kos, makan, minum, dan kebutuhan primer lainnya, Rp.1.500.000 untuk keinginan seperti bersosialisasi dengan rekan untuk menjalin relasi, dan Rp.1.000.000 untuk tabungan dan investasi.

Sebagai seorang fresh graduate, kamu bisa membagi uang Rp.1.000.000 menjadi 2 bagian yaitu Rp.500.000 untuk tabungan dana darurat dan Rp.500.000 untuk uang yang harus diinvestasikan.

500.000 Uang yang Harus Diinvestasikan

Kamu mungkin bertanya, investasi apa yang bisa kamu lakukan dengan modal Rp.500.000. Jawabanya sangat banyak. Uang yang harus diivestasikan sejumlah Rp.500.000 itu bisa kamu membeli produk keuangan, pengetahuan, dan bahkan skill.

Pengetahuan dan skill di masa ini merupakan suatu investasi yang bisa kamu lakukan. Biasanya orang-orang menyebutnya dengan investasi leher ke atas. Berikut adalah beberapa pilihan investasi yang bisa kamu lakukan baik dari produk keuangan, pengetahuan maupun skill.

1. Investasi ke Produk Keuangan

Berkembangnya internet membuat orang-orang dapat mengakses informasi dengan mudah. Salah satunya adalah akses ke produk keuangan. Berikut adalah 5 jenis investasi di produk keuangan:

Bagi seorang pemula yang memiliki kecenderungan konservatif, instrumen investasi yang cocok untukmu adalah deposito. Deposito adalah produk keuangan yang dimiliki oleh bank.

Cara kerjanya adalah kamu meletakkan uangmu di Bank pada jangka waktu tertentu dan kamu akan mendapatkan imbal hasil berupa bunga. Deposito memiliki risiko yang rendah namun disertai keuntungan yang rendah pula.

Saham merupakan instrumen investasi yang sangat booming akhir-akhir ini. Bahkan pertumbuhan jumlah investor di tahun 2020-2021 sangat tinggi hingga menyentuh pertumbuhan terbanyak.

Saham merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Ketika kamu memiliki saham, kamu akan menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. Saham tidak memiliki masa kedaluarsa sehingga saham bisa kamu wariskan ke anak cucumu nanti.

Keuntungan yang bisa di dapatkan dari saham adalah capital gain yang didapat dari pertumbuhan nilai harga saham dan cash flow yang berasal dari dividen. Kamu dapat mempelajari saham secara ringkas dan mudah di ebook dasar investasi saham.

Reksadana merupakan intrumen investasi yang sering dikaitkan dengan saham. Hal ini tidak sepenuhnya benar namun tidak juga salah. Karena reksadana sendiri adalah sebuah paket yang berisi instrumen investasi lainnya seperti deposito, obligasi, dan saham.

Secara umum terdapat 4 jenis reksadana yang ada di Indonesia yaitu reksadana saham yang berisikan mayoritas saham, reksadana obligasi dimana reksadana yang mayoritas berisikan obligasi, reksadana pasar uang yang berisikan hutang jangka pendek dan depostio, serta reksadana campuran yang berisi campuran dari seluruh jenis reksadana lainnya.

Investasi yang satu ini mungkin sudah terbayang dan sudah dilakukan oleh keluargamu di masa lalu. Orang tua di zaman dulu sering berinvestasi di emas. Namun bedanya mereka berinvestasi ke emas yang sudah di olah menjadi produk seperti gelang, cincin, dan kalung.

Investasi emas masa kini dilakukan dengan cara membeli emas Batangan atau lebih dikenal dengan logam mulia. Kamu bisa membeli logam mulia dari Antam maupun UBS.

Investasi emas dianggap sebagai investasi yang aman karena kelangkaan yang dimilikinya. Emas akan menjadi produk yang selalu berharga dari dulu hingga nanti.

Salah satu jenis investasi yang masih menjadi perdebatan adalah cryptocurrency. Dalam satu dekade ini, banyak orang kaya baru yang muncul karena adanya cryptocurrency.

Cryptocurrency dikenal sebagai mata uang digital yang terdesentralisasi sehingga tidak ada campur tangan siapapun dalam prosesnya. Beberapa jenis cryptocurrency yang terkenal adalah Bitcoin, Ethereum, Biswap, dan Ulti Arena.

Kamu pun bisa mempelajadi dasar investasi cryptocurrency di ebook dasar investasi dan trading cryptocurrency. Pada ebook tersebut akan menjelaskan bagaimana caranya bisa mendapatkan keuntungan maksimal dengan modal sekecil-kecilnya dari cryptocurrency.

Cloud Hosting Indonesia

2. Investasi Leher ke Atas

Selain instrumen keuangan, kamu pun bisa melakukan investasi leher ke atas. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan maupun skill yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari pekerjaanmu maupun tambahan penghasilan dari pekerjaan lainnya. Berikut adalah beberapa skill yang bisa kamu kuasai:

Sebagai seorang fresh graduate yang merupakan kaum milenial, kamu tentunya sering mendengar istilah digital marketing. Digital marketing digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk atau jasa agar dapat diminati dan dibeli oleh banyak orang.

Massivenya pertumbuhan internet membuat belanja online menjadi suatu kebutuhan di masa ini. Adanya gap antara supply ketersediaan pakar digital marketing dan demand terhdap pakar digital marketing bisa memberikanmu kesempatan emas.

Kamu bisa mempelajari mengenai copywritinghypnoselling, dan customer journey untuk meningkatkan skill sebagai seorang digital marketer. Gunakan uang investasimu untuk membeli buku atau ebook terbaik yang sudah dibaca oleh banyak orang.

Skill satu ini merupakan skill dasar yang hampir dimiliki oleh semua orang. Namun tidak semua orang bisa ahli pada skill dasar ini. Skill dasar yang kamu gunakan sehari-hari ini bisa menjadi skill yang bisa memberikanmu penghasilan yang tak terhingga.

Kamu bisa menjadi seorang penulis artikel, penulis buku, blogger, dll. Banyak profesi yang bisa kamu lakukan baik secara full time maupun part time. Kamu bisa mendapatkan 10 juta pertamamu dari tulisan dengan membaca ebook ini.

Skill lain yang bisa kamu kuasai adalah skill desain. Kamu tidak perlu menempuh pendidikan formal untuk memiliki skill ini. Banyak sekali pelatihan yang bisa kamu ikuti baik secara offline maupun online.

Potensi yang dimiliki skill ini sangatlah besar. Hampir semua orang saat ini memerlukan sentuhan dari seorang desainer grafis. Kamu pun bisa menjadi seorang content creator menggunakan skill ini.

Selain menjadi active income, kamu pun bisa merubah skill ini menjadi passive income. Kamu bisa mempelajari bagaimana caranya menjadikan suatu skill menjadi lumbung passive incomemu dengan membaca ebook ini.

Setelah mengetahui kedua jenis investasi yang bisa kamu lakukan dengan uang Rp.500.000. Kini kamu pun bisa menjawab uang yang harus diinvestasikan bisa digunakan untuk investasi apa saja.

Hal yang perlu kamu ingat adalah tidak semua orang memiliki selera yang sama terhadap investasi, Tentukan pilihanmu sendiri untuk berinvestasi ke instrumen keuangan maupun investasi leher ke atas.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *