Multi level marketing adalah

Pro dan Kontra Multi Level Marketing (MLM)

Persentase Harian

Bisnis Multi Level Marketing atau biasa disebut MLM sudah tidak asing bagi warga Indonesia yang khususnya tinggal di kota. Bisnis ini cukup populer karena kerap mendatangkan berbagai macam kontroversi.

Definisi Multi Level Marketing (MLM)

MLM adalah salah satu bentuk pemasaran yang berjenjang dan berantai yang mana anggotanya akan mendapatkan bonus dari hasil penjualan produk dan hasil rekrutmen anggota baru. Terjemahan bebas dari Multi Level Marketing adalah sistem pemasaran yang berjenjang dan banyak.

Cloud Hosting Indonesia

Cara Kerja Multi Level Marketing (MLM)

Dalam prakteknya bisnis ini akan memberikan bonus kepada kepada anggotanya yang bisa terlibat langsung dalam penjualan produk perusahaan. Sehingga anggota atau member MLM akan aktif mencari anggota lain agar jaringan akan semakin besar dan omzet penjualan pun meningkat. Semakin besar keuntungan yang diberikan untuk perusahaan maka semakin besar pula bonus yang didapatkan.

Jenis Sistem Multi Level Marketing (MLM)

Terdapat berbagai macam jenis MLM yang ada saat ini. Jenis yang pertama adalah Sistem Binary Plan. Sistem ini lebih mengutamakan jaringan pada dua kaki saja. Semakin seimbang sistemnya maka akan besar bonus yang didapatkan. Namun jika tidak maka bonus akan mengalir ke perusahaan.

Sistem kedua adalah Sistem Matrix. Sistem ini fokus ke 3 frontline maupun downline. Terakhir adalah Sistem Break Away yang mana fokus jaringannya mengutamakan kelebaran atau frontline.

Pro dan Kontra Multi Level Marketing (MLM)

Seperti penjelasan di awal, pemasaran jenis ini kerap menghadirkan pro dan kontra. Banyak orang yang merasa dirugikan dari bisnis jenis ini. Sebaliknya, banyak juga yang mendapatkan keuntungan di MLM. Berikut penjelasan singkat mengenai pro dan kontra MLM.

Bagi mereka yang pro MLM, beranggapan kalau bisnis model ini memberikan berbagai macam keuntungan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Keuntungan Multi Level Marketing (MLM)

1. Memberikan Pemasukan yang Menjanjikan

MLM bisa menjadi sumber pemasukan bagi setiap anggotanya. Bonus yang didapatkan bisa menjadi passive income yang menjanjikan apalagi jika jaringannya sudah banyak. Tentu itu menjadi solusi bagi mereka yang penghasilannya masih kurang.

2. Melatih Kemampuan Komunikasi

Dengan menjadi anggota MLM maka kemampuan komunikasi akan meningkat. Sehingga akan menghasilkan sebuah personal selling yang kuat dan tangguh. Tingkat kepercayaan diri pun meningkat sehingga berguna dalam kehidupan sehari-hari.

3. Memperluas Jaringan Bisnis

Keuntungan dari bisnis MLM adalah bisa memiliki banyak jaringan bisnis. Dengan banyaknya jaringan bisnis tentu akan memudahkan anggota untuk mengembangkan usaha di dalam maupun luar MLM. Mereka bisa saling bekerja sama sehingga bisa mendapatkan banyak peluan bisnis.

 

Untuk mereka yang kontra beranggapan bahwa MLM lebih banyak kekurangannya, antara lain:

Kerugian Multi Level Marketing (MLM)

1. Hanya Jadi Pengikut

Anggota MLM bukanlah sebuah pengusaha mereka hanyalah pengikut yang ada dalam sebuah sistem yang rumit. Mereka tidak memiliki kendali dan tidak bebas dalam memasarkan produk karena hanya bisa mengikuti sistem yang berlaku.

2. Tidak Adil

Sistem MLM banyak sekali kekurangannya dan dianggap hanya menguntungkan segelintir orang saja. Anggota baru kerap dirugikan dalam bisnis ini. Walau mereka sudah bekerja lebih keras tetapi anggota lama yang lebih banyak merasakan hasilnya. Tentu hal tersebut tentu dirasa tidak adil.

3. Berpotensi Penipuan

Terdapat MLM yang hanya bagus di awal saja. Kemudian lambat laun uang yang dihasilkan menghilang entah kemana. Banyak sekali kasus MLM yang berujung pada penipuan dan merugikan banyak anggotanya.

4. Tidak Ada Jaminan dari Negara

Bisnis MLM tidak dijamin oleh negara jika perusahaan tersebut bangkrut atau dibawa kabur pimpinannya. Sehingga uang dari anggota tidak akan dikembalikan oleh negara. Tentu anggota hanya bisa gigit jari jika hal itu terjadi.

Kedua pihak memiliki alasannya masing-masing. Sehingga tidak mengherankan jika kerap terjadi pro dan kontra MLM. Bagi Kamu yang ingin gabung MLM pastikan semuanya aman dan terpercaya.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *