Servis dalam Bola Voli Diartikan Sebagai

Servis dalam Bola Voli Diartikan Sebagai

Persentase Harian

Servis dalam Bola Voli Diartikan Sebagai – Siapa yang tidak mengenal permainan olah raha bola voli? Permainan yang hanya bisa dilakukan jika kamu memiliki tim sebanyak 6 orang dan dimainkan oleh 12 orang dalam 2 tim.

Permainan yang seru dan mampu memberikan kebugaran pada tubuh ini memiliki teknik-teknik dasar yang harus dikuasai. Yuk simak artikelnya berikut ini:

Teknik Dasar Olah Raga Voli

Teknik dasar olah raga voli dapat dibagi ke 4 bagian utama, salah satunya adalah servis. Sebelum memainkan olah raga voli bersama teman, simak dan kuasai 4 teknik dasar ini terlebih dahulu:

1.  Servis dalam Bola Voli Diartikan Sebagai

Gerakan pertama yang dilakukan pemain agar permainan bola voli dimulai adalah servis. Servis juga adalah teknik dasar permainan bola voli yang pertama karena game tidak akan dimulai tanpa adanya servis. Gerakan servis permainan bola voli pun dibagi menjadi 2 yaitu servis bawah dan servis atas.

  • Servis Bawah: Cara melakukan servis bawah bola voli cukup mudah yaitu tangan kiri memegang bola di depan badan dan tangan kanan mengayun dari bawah ke atas untuk memukul bola sehingga melambung tinggi.
  • Servis Atas: Cara melakukan servis atas bola voli dilakukan dengan melambungkan bola ke atas badan, tubuh melompat ke atas dan tangan mengayun dari atas ke bawah untuk memukul bola.

2.  Passing

Gerakan passing merupakan gerakan dasar permainan bola voli yang kedua. Gerakan passing bola voli adalah gerakan mengumpang atau mengoper bola kepada rekan tim untuk melakukan serangan atau mempertahankan area pertahanan.

Pemain bola voli yang bertugas sebagai pengumpan dinamakan setter. Setter memerlukan skill passing yang lebih baik daripada rekan setimnya. Seperti servis, passing bola voli juga terbagi menjadi 2 yaitu passing atas dan passing bawah:

  • Passing Bawah: Cara melakukan passing bawah adalah kedua tangan direkatkan dan memukul bola voli dengan pergelangan tangan. Passing bawah digunakan untuk melambungkan bola tinggi setelah mendapatkan serangan dari lawan.
  • Passing Atas: Cara melakukan passing atas adalah mendorong bola voli dengan jari-jari tangan. Tujuan passing atas adalah melakukan umpan ke rekan tim dalam rangka menyerang lawan.

3.  Smash atau Spike

Gerakan bola voli ini adalah gerakan yang paling disukai dan dikagumi banyak orang. Smash adalah gerakan memukul bola voli dengan keras agar bola menuju ke daerah lawan dengan kencang demi menciptakan skor. Tidak heran jika orang yang ahli melakukan smash akan diberi julukan Ace oleh rekan tim.

4.  Blocking

Gerakan terakhir adalah blocking. Gerakan blocking adalah gerakan menutup daerah pertahanan tim. Cara melakukannya adalah pemain depan melompat sejajar dengan net sembari merentangkan kedua tangan ke atas. Gerakan ini ibaratnya membentuk dinding pertahanan.

Servis dalam Bola Voli Diartikan Sebagai

Ketika terdapat pertanyaan Servis dalam Bola Voli Diartikan Sebagai dan memiliki pilihan sebagai berikut:

  1. serangan pertama
  2. pukulan pertama
  3. penyajian bola pertama
  4. syarat dalam permainan
  5. tanda dimulainya suatu permainan

Jawabannya adalah B. Pukulan Pertama.

Untuk penjelasannya, kamu bisa membacanya di artikel berikut ini.

Sekian artikel mengenai Servis dalam Bola Voli Diartikan Sebagai. Nantikan artikel lainnya yang lebih bermutu.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Leave a Comment

error: Content is protected !!