Tabungan Mudharabah adalah Alternatif dari Deposito Syariah

Tabungan Mudharabah Adalah

Persentase Harian

Tabungan Mudharabah adalah – Perkembangan kesadaran umat muslim untuk melakukan segala sesuatu berdasarkan syariah islam membuat adanya trend baru. Trend tersebut adalah munculnya produk-produk keuangan berbasis syariat.

Produk keuangan yang mungkin sudah terkenal terkait standar syariatnya adalah saham syariah dan deposito syariah. Namun, ada pula produk tabungan yaitu tabungan mudharabah. Apa itu tabungan mudharabah, apa akad tabungan mudharabah, dan apa saja contoh produk tabungan mudharabah? Yuk simak artikel berikut ini.

Tabungan Mudharabah Adalah

Tabungan Mudharabah Adalah

Definisi tabungan mudharabah adalah salah satu jenis tabungan yang sesuai dengan syariat islam dengan menggunakan akad mudharabah. Akad mudharabah sendiri adalah akad dimana bank selaku penghimpun dana tabungan nasabah, menyalurkan uang nasabah kepada para peminjam untuk kegiatan usaha. Dalam akad mudharabah, nasabah atau penabung disebut sebagai shohibul mal sedangkan pihak bank disebut sebagai mudharib.

Keuntungan tabungan mudharabah berasal dari keuntungan yang diberikan oleh kegiatan usaha yang didanai. Keuntungan tersebut akan dibagi kepada nasabah dan bank sesuai dengan akad yang disetujui. Ketika terjadi kerugian usaha, pihak bank akan menanggung seluruh kerugian tersebut.

Jenis Akad Tabungan Mudharabah

Jenis Akad Tabungan Mudharabah

Ketika mengetahui tabungan mudharabah adalah tabungan berbasis syariah, kamu harus mengetahui 2 jenis akad yang ada:

1. Mudharabah Muthlaqah

Akad tabungan mudharabah dimana nasabah memberikan kendali 100% dananya kepada pihak bank.

2. Mudharabah Muqayyadah

Akad tabungan mudharabah dimana nasabah memberikan batasan-batasan kepada pihak bank untuk mengelola dananya.

Contoh Tabungan Mudharabah

Contoh Tabungan Mudharabah

Setelah mengetahui adanya tabungan mudharabah, kamu memiliki opsi lain selain saham syariah dan deposito syariah. Berikut adalah beberapa contoh tabungan mudharabah di Indonesia.

1. Tabungan Muamalat Mudharabah Corporate iB

Jenis tabungan mudharabah dari bank muamalat ini cukup terjangkau bagi masyarakat yang ingin merasakan tabungan syariah. Syarat pembukaan Tabungan Muamalat Mudharabah Corporate iB ini hanya Rp.1.000.000.

Fasilitas menarik dari tabungan ini adalah adanya Fasilitas Cash Management System (CMS). Selain itu, nisbah bagi nasabah bernilai 0,01 dan bersifat flat.

2. Tabungan PaS iB (Fleksibel)

Tabungan mudharabah kedua adalah tabungan PaS iB (Fleksibel) milik Panin Dubai. Tabungan ini memiliki minimum setoran awal yang rendah yaitu Rp.500.000 dengan saldo minimum hanya Rp.100.000.

Berbeda dengan Tabungan Muamalat Mudharabah Corporate iB yang memiliki nilai nisbah flat, tabungan PaS iB (Fleksibel) memiliki nisbah yang semakin tinggi sesuai nominal tabungan. Nisbah yang akan dimiliki nasabah mulai dari 0,01% jika tabungan kurang dari 10 juta hingga 30% jika tabungan lebih dari 1 miliar rupiah.

3. BSI Tabungan Easy Mudharabah

Contoh terakhir adalah BSI Tabungan Easy Mudharabah milik Bank Syariah Indonesia. BSI Tabungan Easy Mudharabah bisa dibuka dengan setoran awal yang sangat terjangkau yaitu Rp.100.000. Saldo minimumnya pun sangat rendah yaitu Rp.50.000.

Selain tabungan mudharabah, Bank Syariah Indonesia juga memiliki tabungan dengan akad wadiah yaitu BSI Tabungan Easy Wadi’ah. 

Perbedaan tabungan easy mudharabah dan wadiah adalah:

Tabungan Easy Mudharabah

  • Akad mudharabah dimana nasabah memiliki dananya
  • Porsi nisbah mulai dari 8% hingga 13%
  • Terdapat biaya admin Rp.10.000 per bulan

Tabungan Easy Wadiah

  • Akad wadiah dimana nasabah menitipkan dananya ke Bank
  • Nisbah sesuai kesepakatan atau bahkan nasabah tidak mendapatkan nisbah
  • Tidak terdapat biaya admin alias gratis

Setelah mengetahui perbedaan tabungan easy mudharabah dan wadiah, tentunya kamu akan lebih merasakan keuntungan jika memilih tabungan easy mudharabah.

Sekian artikel mengenai tabungan mudharabah adalah dan perbedaan tabungan easy mudharabah dan wadiah. Simak terus artikel lainnya yang bermanfaat.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

error: Content is protected !!