Tujuan Pengenalan Air dalam Olahraga Renang

Persentase Harian

Tujuan Pengenalan Air dalam Olahraga Renang adalah – Setelah mempelajari kunci pertama yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek, kamu mungkin merasa malas memilih lari jarak pendek sebagai pilihan olahragamu. Mungkin menurutmu, olahraga tersebut akan terasa membosankan jika tidak ada teman yang menemani.

Namun, kamu masih bisa memilih olahraga lain yang bisa memberikan manfaat bagi tubuhmu, salah satu olahraga tersebut adalah renang. Kegiatan renang termasuk olahraga akuatik karena olahraga yang dilakukan di dalam air.

Saat ini, olahraga renang diminati banyak kalangan karena bisa dilakukan oleh segala usia. Mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia pun bisa melakukan olahraga renang ini. Tentunya diimbangi dengan cara berenang yang berbeda sesuai usianya.

Pada artikel ini kamu akan mengetahui pengertian renang, manfaat renang, dan tata cara sebelum berenang. Yuk simak artikel berikut ini:

Definisi Renang

Definisi Renang

Pengertian renang adalah salah satu cabang olahraga akuatik yang bertujuan untuk mengangkat dan menggerakkan tubuh agar berada di atas permukaan air. Olahraga yang bisa dilakukan oleh segala usia dan segala kalangan ini sangat murah dikantung.

Kamu bisa berenang hanya dengan bermodalkan pakaian biasa (bebas biaya tambahan) atau menggunakan pekaian renang full set seperti pakaian renang, kacamata renang, dan tutup kepala renang di mana salah satu merk yang terkenal adalah speedo.

Cara bernafas yang benar pada gerakan renang adalah bernafas melalui mulut. Saat kepala berada di bawah permukaan air, kamu bisa menghembuskan nafas melalui mulut dan menarik nafas ketika sudah berada di atas permukaan air.

Manfaat Renang

Manfaat Renang

Selain olahraga yang murah dan bahkan bebas biaya, olahraga renang juga memiliki banyak manfaat di antaranya:

  • Mampu membakar lemak tubuh karena gerakan renang yang intens.
  • Menstimulus perkembangan otot dan kelenturan tubuh.
  • Memberikan rasa segar di badan sekaligus pikiran karena kolam renang merupakan salah satu wahana rekreasi.
  • Memberanikan diri dengan air sehingga bisa menjadi mekanisme pertahanan ketika terdapat kondisi genting.

Jenis Gaya Renang

Jenis gaya Renang

Karena olahraga renang bisa dilakukan siapapun dan bahkan terdapat perlombaan renang tersendiri pada olimpiade, terdapat banyak jenis gaya renang sebagai berikut:

1. Gerakan Renang Gaya Bebas

Gerakan renang gaya bebas adalah tubuh berada di permukaan air dengan bahu di belakang serta kaki di bawah permukaan air.

2. Gerakan Renang Gaya Punggung

Gerakan renang gaya punggung seperti pada gaya renang bebas. Namun, hal yang membedakan adalah tubuh dalam posisi telentang.

3. Gerakan Renang Gaya Dada

Gerakan renang gaya dada adalah gerakan tubuh seperti merangkak di permukaan air yang diikuti oleh gerakan tangan dan kaki. Renang gaya dada juga disebut dengan gaya katak karena gerakan renang tersebut mirip gerakan katak.

4. Gerakan Renang Gaya Kupu-Kupu

Seperti namanya, gerakan renang gaya kupu-kupu meniru gerakan kupu-kupu terbang. Gerakan renang ini merupakan pengembangan gaya dada dimana kedua lengan diayun ke depan secara bersamaan untuk mendorong tubuh maju ke depan.

Kegiatan Sebelum Berenang

Sebelum berenang sebaiknya kita melakukan beberapa hal berikut agar kita mendapatkan kebugaran serta keamanan saat berenang ketika berada di lokasi kolam renang:

1. Pemanasan

Kegiatan sebelum renang yang terpenting adalah pemanasan. Tujuan melakukan pemanasan sebelum berlatih renang adalah meregangkan otot-otot pada tubuh untuk menghindari kram otot. Kamu pun bisa melakukan pemanasan sederhana untuk hal ini.

2. Tujuan Pengenalan Air dalam Olahraga Renang

Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah membuat tubuh bisa beradaptasi dengan kondisi air, baik dari segi suhu maupun tekanan air kolam renang. Jangan sampai kamu langsung melompat ke kolam renang tanpa tahu seberapa tinggi suhunya.

Jika ada pertanyaan belajar renang sebaiknya di kolam renang yang bagaimana tentunya jawabannya adalah sebaiknya kamu berlatih rendang dengan kedalaman yang dangkal untuk pemula. Kedalaman kolam renang untuk pemula adalah 1,35 meter.

Sekian informasi mengenai tujuan pengenalan air dalam olahraga renang yang bisa kami berikan. Ikuti terus artikel-artikel menarik lainnya.

Persentase Harian adalah blog keuangan, bisnis, dan gaya hidup yang meningkatkan pengetahuanmu hari ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?
5/5

Leave a Reply

error: Content is protected !!